Rabu, 03 April 2013

Tiket Tawang Jaya Jadi Rp 80 Ribu


PURWOSARI– PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai Senin (1/4) mulai menghentikan KA Tawang Jaya AC non-AC jurusan Semarang Poncol-Pasar Senen Jakarta. Sebagai gantinya, dioperasikan KA Tawang Jaya AC. Akibatnya, harga tiket yang semula Rp 35 ribu melonjak menjadi Rp 80 ribu.
“Ini merupakan salah satu realisasi kami (PT KAI, Red) yang menggariskan seluruh kereta api jarak jauh dan menengah telah menggunakan AC pada 2013,” Jelas Manager Humas Daop IV PT KAI Semarang, Surono, kemarin (01/04).
Dikatakannya, kenaikan harga tiket tersebut masih dalam batas kewajaran. Hal ini mengingat adanya penambahan fasilitas pendingin ruangan yang ada dalam masing-masing gerbong. "Penyesuaian ini diperlukan untuk menutup peningkatan biaya operasional penggunaan AC," jelasnya.
Harga tersebut, lanjut Surono, nantiya dapat berubah-berubah sesuai kondisi namun masih dalam batas yang ditentukan. “Batas bawah adalah Rp 75 ribu dan batas atas adalah Rp 200 ribu,” imbuhnya.
Meski mengalami kenaikan lebih dari 100 persen, Surono mengklaim animo masyarakat untuk menggunakan KA Tawang Jaya masih tinggi. Siang kemarin, Dari 848 tempat duduk yang ada dalam 8 gerbong, tercatat tinggal 60 tempat duduk yang tersisa. (mg1/ton/cel)


*) dimuat di Radar Semarang, 2 April 2013

0 komentar:

Posting Komentar