Sabtu, 20 April 2013

Tampilkan Srikandi Senopati

KENDAL – Kabupaten Kendal kembali mendapat kehormatan, dipercaya mewakili Jateng, pada gelaran Parade Budaya Nusantara. Kegiatan ini dihelat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 20-21 April mendatang.
Ini kali keempat Kendal menjadi wakil Jateng. Sebelumnya, pada 2002 (masuk nominasi), 2005 (masuk 5 besar), dan 2009 (pentas khusus dihadiri para duta besar).
Bupati Kendal Widya Kandi Susanti mengatakan, selama ini Kendal menjadi primadona dalam hal kesenian.
Dalam pentas nanti, Kendal akan menampilkan Sendratari Parikesit Winisuda (Ratuning Jagad) dengan basis wayang orang berkekuatan 54 seniman.
Sementara dalam pawai budaya nusantara, Kendal akan melakonkan Sendratari wayang Srikandi Senopati. Juga Batik Carnival yang divisualisasikan dalam rombongan raja-raja dari seribu negara. “Kita mendapat nomor urut sepuluh dari 20 peserta yang mewakili masing-masing provinsi.”
Dalam pementasan tersebut, Bupati Widya akan terjun langsung memerankan sebagai sosok Srikandi, senopati wanita terkenal dalam pewayangan.
Widya juga akan naik kereta teratai emas dengan kawalan parjurit putri. “Kebetulan kita memiliki bupati seorang wanita yang berhasil dalam memimpin daerahnya,” jelas Ketua Dewan Kesenian Kendal, Itos Budi Santoso.
Dalam parade tersebut, juga akan ditampilkan panggung garuda, para raksasa, dan kiai Setyo Manunggal. Semua akan diarak bersama barisan spanduk, bendera, lambang Jateng, lambang kabupaten Kendal, dan umbul-umbul. “Setelah ini kita akan lakukan geladi bersih.” (mg1/isk/cel)


*) Tayang di Radar Semarang, 17 April 2013
SRIKANDI
Para Peserta pentas seni dan budaya saat g
eladi bersih di halaman Pendopo Kabupaten Kendal

0 komentar:

Posting Komentar